Senin, 22 Agustus 2011

Juno Mau Dituker? Enak Aja!


Iyalah, enak aja! Bermula pada suatu pagi, beberapa minggu yang lalu. Waktu itu gue lagi di angkot (gak kewl bgt) dlm perjalanan menuju kampus untuk kuliah SP. Ada sms masuk tuh. Ternyata dari bokap. Inilah percakapannya:

Daddy: Hello Dear, ternyata di ktr Bapak banyak pecinta doggie. Coba deh Echa fikirin kita ganti anjing kita dengan yang lebih bagus, soalnya ada yg mau ngasih...

Gue: gakmau pak

Daddy: Nanti nyesel deh... ada yg mau ngasih jenis Akita githu.

Gue: ini aja udah mau nangis mikir juno diganti. gak, pak.

Daddy: He....he....animal just like things. Remember this, Non.

Gue: not really for me. echa yg ngurusn dia dr masih belum bisa jln. pokoknya mah kalau dia gak mati gak boleh diganti..

Daddy: Hmmmm........mmmm, Kl nunggu mati mah lame.....keburu gak ada lagi nyang bagoes.

Gue: msh banyak di toko hewan. pokoknya gakmau ah, pakkk

Daddy: Iya uwes....


   Jadi begitulah isi smsnya. Percakapan singkat sama bokap lewat sms itu sukses bikin gue galau dan menitikkan air mata di angkot, man! Sebel bgt gak sih :" Gue gakmau juno diganti! Apa-apaan.. Gue tuh sebelum memutuskan untuk memelihara anjing lagi setelah vakum selama 5 tahun krn pindah rumah, selalu minta punya anjing tapi gk dikasih. Alesan bokap nyokap krn takut gue nangis bombay tiap anjing gue mati. Ya elah, itu kan natural. I really love animals, especially dogs. Kalau jadi orang kaya gue pengen bgt pelihara singa, harimau, beruang, panda, burung nuri, sama anjing yg banyak! Huhu. Dulu pas masih kecil, waktu punya anjing pun, gue sering ngasih masuk anjing liar yg kehujanan ke dalam rumah. Gue jg ngasih makan mereka. Pokoknya gue suka bgt sama anjing! Akhirnya gue masa bodo sama izin dari bokap nyokap, dan nyari anak anjing kemana-mana, lalu mempersiapkan nama Juno, bahkan sebelum anak anjingnya ada. Lalu ketemu deh, temennya adek gue yg punya anjing mau beranak. Beginilah kisahnya.

   Waktu itu tanggal 22 Desember 2010 adek gue ngasih kabar kalau anjing temennya udah beranak, 3 ekor, jantan semua. Kata nyokap, ambil yg bungsu. Karena menurut mitos (yaelah mamak gue) anjing yg peranakan bagus yang bungsu. Nah, ternyata, seminggu kemudian gue mau ambil anak bungsu si Ciko (nama induknya Juno), majikannya mau rawat yg bungsu, krn gakpunya ekor, jadi menurut mitos (lagi) bakal pinter. Gue pun disuruh ambil yg sulung aja krn paling gendut. Setelah gue angkat si sulung, gue liat lah yang nomer 2, kok lebih unyu yah. Yaudah gue pun memutuskan untuk ngambil yg nomer 2. 2 minggu kemudian si nomer 2 yg gue beri nama Juno ini gue bawa pulang sm saudara gue naik mobil. Si little Juno di dalem kardus, deh. Dia rewel bawel, pengen keluar mulu dari kardus.

   Sampai di rumah, gue sayang bgt deh nih Juno. Berasa impian gue tercapai bgt! Haha~ Dan malam pertama Juno di rumah, jam 2 malem dia nangis-nangis di dalam kardusnya. Nyokap bangunin gue, suruh bikin susu untuk Juno. Akhirnya gue kasih susu deh tuh dengan mata berat bgt karena ngantuk. Tapi ternyata, dia cuman pengen bebas dari kardus. Udah keliatan tuh bandelnya-___- Hari demi hari berlalu (asyek), nyokap dan bokap mesenin, gue harus bener-bener ngerawat Juno. Kalau mau beli segala macem pake duit sendiri. Gue juga yg harus mandiin dia, ngasih makan dia. Ok, gue turutin. No problem dong! Bokap sama nyokap juga wanti-wanti gitu deh. Katanya ini doggie gak boleh pipis dan pup di garasi ataupun halaman rumah. And you know what? Juno is a smart dog! Dia selalu ngegonggong ngasih isyarat tiap dia mau pup. Dia gak pernah tuh pup di halaman atau garasi. Pasti dia selalu pup di luar hihi.

   Juno juga rakus beraaaat. Dia makan apaaaaaaaaa aja! Haha. Waktu masih umur beberapa bulan sih masih suka gue beliin daging kalengan buat anak anjing gitu. Tapi katanya makanan itu malah memicu penyakit cacingan. Dan ternyata, bener. Umur 6 bulan, Juno hampir mati karena penyakit parvo. Penyakit parvo itu penyakit yg paling sering nyerang anak anjing. Umumnya, kalau kena parvo, anak anjing cuman tahan 1 minggu, lalu mati. Gejalanya awalnya gakmau makan, lemes bgt, muntah-muntah. Lama-lama bisa pup dan muntah darah. Waktu Juno lemes bgt dan gakmau makan, gue langsung tau dia kena parvo. Juno yg super rakus gakmau makan bikin gue pusing 7 keliling. Sampe didatengin nyokap seorang dokter hewan buat ngobatin Juno, tetep aja Juno gak ada perubahan. Mana dia super duper galak pula karena perutnya sakit bgt. Akhirnya gue cuman bisa nangis aja dan mikir mungkin umur Juno bakal pendek. Gue udah pasrah bgt. Tapi akhirnya TUHAN ngasih jalan keluar :D Gue nyoba googling ttg obat alami buat parvo, dan ternyata obatnya air kelapa ijo. Malem-malem gue sama nyokap nyari air kelapa ijo dan ketemu!! Juno yg lagi galak bgt itu pun diiket di pager, terus air kelapa ijonya disuntikin ke mulutnya pake suntikan yg tanpa jarum. Dia ngamuk-ngamuk, but I didn't care. I just wanna see him get healthy again! Finally, malam itu juga setelah Juno dikasih air kelapa ijo dan susu putih, besok paginya dia udah mau makan!!!! :D Gue terharu bgt usaha gue itu berhasil! Juno sembuh total dan dia udah bisa jalan, bahkan sorenya dia bisa main dan makannya banyak. Semenjak itu, Juno sehat banget. Dia super lincah, makannya banyak bgt, sampe sekarang, yaitu umurnya 1 tahun 7 bulan. Meskipun suka sok galak sama orang yg takut sama dia, karena badannya guede, dia gak beneran galak. Dia gak pernah gigit orang. Dia cuman sok gertak doang. Dia suka mainin bola kaki, tapi kita gak dibolehin ngambil bolanya dari dia. Dia suka nyelonong lari ke dalam rumah kalau pintu rumah lagi dibuka, lalu duduk di atas sofa ruang keluarga. Dia suka main kejar-kejaran. Dia selalu ngekor kemana pun gue pergi. Dia selalu gonggong kayak nangis kalau anggota keluarga pulang atau mau pergi. Dan kalau ada siapapun yg manggil dia termasuk gue, dia pasti bakal langsung ke arah gue, gak ke yang lain :D
   Pokoknya Juno itu kesayangan gue bgt. Gue yg bener-bener besarin dia, ngurusin, dan ngerawat dia. 80% hidup Juno itu gue yg tanggung jawab. Untungnya, keluarga gue juga sayang bgt sama dia. Mama gue orang kedua yg deket sama Juno setelah gue. Walaupun Juno itu cuman mix breed, gue gak perduli. Buktinya, dari semua 2 saudara Juno dan induknya, badan Juno beda sendiri. Dia gak kate, gak pendek jelek gitu. Badan Juno gede, tinggi. Gue ngerasa berhasil jadi majikan yg baik hehe. Bokap sering mempermasalahkan Juno yg bukan jenis anjing ras, jadi bagi dia Juno anjing kampung. Padahal, temen-temen gue aja yg ngeliat Juno gak kepikiran Juno itu anjing kampung, looh. Dan sekarang, gak ada kata deh, Juno mau diganti sama anjing jenis Pitbull or Akita or Siberian Husky or Golden Retriever, para jenis anjing kesukaan gue. Bagi gue Juno spesial bgt. Gue gak mungkin ngebiarin dia dikasih orang. Yg ada dia dipotong lagi! NO WAY. I don't eat dogs! Ataupun dirawat keluarga lain, gue jg gakmau. Bisa stress dia, terus mati karena sedih. Gak ada kematian yg lebih menyakitkan daripada mati karena sedih kan? Huhu. Pokoknya gue bakal rawat dan pelihara Juno, yg gak pernah gigitin koran baru, yg suka bgt masang tampang melas minta makanan, yg suka bgt manja-manja, yg songong gakmau nyalam kecuali kalau nyokap yg minta (dia takut sama nyokap krn nyokap tegas sama dia hahaha) sampe dia udah tua bgt. Untungnya sekarang bokap lagi belajar ngerti, kalau gue gak akan pernah mau Juno diganti-ganti. Mungkin bokap takut kali ya, kalau suatu hari Juno mati gue bakal nangis parah berhari-hari. Karena dia sering pesenin untuk jangan terlalu sayang sama binatang peliharaan, atau apapun, karena suatu hari pasti pergi juga. Yah, gue kan emang cengeng bgt ya. Apalagi kalau udah sayang bgt sama sesuatu. Pokoknya sih, sekarang ya sekarang deh. Whatever happpens, I love my doggie Juno and he cannot be replaced by any kinds of  dogs! Okeokeeee ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar