Kamis, 20 Januari 2011

Love, Love, and Love

People will always talk about about love, and this is my writing about it :)

1. Romeo dan Juliet

Jujur, gue belum pernah baca novelnya secara keseluruhan. Ini adalah hal yang cukup memalukan, mengingat bahwa gue adalah anak sastra haha. Tapi, berikut adalah yang gue tahu mengenai romeo dan juliet. Romeo adalah seorang yang jatuh cinta sama Juliet, tetapi hubungan cinta mereka gak disetujui sama orangtua Juliet, karena permusuhan keluarga kedua belah pihak. Oleh karena itu hubungan Romeo dan Juliet ditentang dan tidak disetujui. Ketika Juliet dipaksa menikah dengan pria pilihan ayahnya, Juliet diberi minuman untuk membuat dia mati suri selama 2 hari oleh gurunya, tetapi Romeo yang melihat Juliet terbaring, berpikir bahwa gadisnya sudah meninggal. Akhirnya Romeo bunuh diri dengan perasaan sedih yang mendalam huhu. Ketika Juliet terbangun dengan mati surinya, ia melihat Romeo telah meninggal kemudian menyusul lah ia bunuh diri. Cerita ini sangat disayangkan, karena keegoisan kedua keluarga, cinta Romeo dan Juliet berakhir dengan tragis. Tapi, ngga ada yang tahu kalau kisah percintaan di dunia tidak lebih baik daripada di akhirat bukan? :)



2. Nang Nak dan Mak

Nang Nak dan Mak adalah pasangan suami istri yang hidup di daerah Thailand berpuluh tahun yang lalu. Jadi ceritanya, Mak sedang berperang ketika istrinya Nak, hamil. Sewaktu pulang dari berperang, Mak yang sangat mencintai istrinya pun mendapati bahwa Nak sudah melahirkan. Mereka saat itu hidup sangat bahagia bertiga. Tapi sayangnya, ternyata Nak telah meninggal saat melahirkan, dan hal itu tidak diketahui Mak yang saat itu sedang berperang. Akhrinya, ketika warga desa mengetahui bahwa hantu Nak bergentayangan, dibuatlah upacara agama agar Nak bisa beristirahat dengan tenang. Mak sangat sedih mengetahui hal itu. Sewaktu mengetahui istrinya adalah roh halus, Nak menangis tanpa takut terhadap istrinya. Kecintaan Nak terhadap suaminya gak dihalangi oleh maut. Bagi gue, di balik kisah menakutkan ini, menyimpan sebuah cerita romantis. Yap, cinta itu harusnya memang cuman dihalangi oleh maut. Bahkan, semestinya, maut juga bukan penghalang cinta sejati. Yang berani menjanda atau menduda sampai meninggal dunia tanpa menikah lagi, bagi gue bener-bener mencerminkan bahwa kematian bukan alasan untuk manusia berhenti mencintai pasangannya. Lalu bagaimana dengan mengkhianati cinta pasangan di saat pasangan kita masih sehat dan masih hidup? Dimana janji suci waktu pernikahan dulu ya? Kenapa ada perceraian kalau d luar sana ada seorang yang setia dengan pasangannya walauupun maut sudah menjemput pasangannya? Semoga makin banyak manusia di dunia ini yang benar-benar mengerti makna cinta sejati dan melakukannya di kehidupan nyata. Amin.


3. Jack dan Rose

Pasti semua tahu film Titanic. Yap, film Titanic merupakan film terlaris sepanjang sejarah, dan pendapatan film tersebut belum ada yang bisa mengalahkannya sampai saat ini. Titanic merupakan kapal pesiar besar yang berisikan bangsawan-bangsawan kaya ketika berlayar. Naasnya, kapal tersebut menabrak gunung es pada tanggal 14 April 1912, dan mengakibatkan 1.500 manusia tewas. Di balik kengerian kecelakaan ini, sepasang manusia, bernama Jack dan Rose ternyata menyimpan kisah cinta yang mengharukan. Mereka bertemu di dalam kapal Titanic, dan tidak terlambat bagi mereka untuk menyadari bahwa mereka jatuh cinta satu sama lain. Rose yang saat itu memiliki tunangan yang tidak dicintainya, yang juga berada di dalam kapal tersebut, berusaha meyakinkan dirinya bahwa Jack adalah sosok pria yang selama ini ia cari. Singkat kata, ketika kecelakaan kapal tersebut terjadi, Rose selamat, karena Jack menyelamatkannya. Jasad Jack tenggelam ke dalam dasar samudera es, setelah sebelumnya meninggal akibat hypotermia. Bagi gue kisah ini dalem dan pastinya romantis juga, karena Jack yang baru mengenal Rose mau mengorbankan dirinya demi keselamatan Rose, karena dia sudah yakin bahwa dia mencintai Rose. Rose yang akhirnya selamat dari kejadian tersebut pun mengisahkan tentang cerita cintanya dengan Jack itu kepada dunia. Mengharukan, mengingat sepasang manusia yang saling jatuh cinta ternyata tidak mendapat kebahagiaan untuk hidup bersama di bumi :(



4. BJ Habbie dan Ainun

BJ Habibie adalah sosok terkenal di Indonesia. Beliau merupakan tokoh cendekiawan yang memiliki pengaruh besar dalam dunia politik Indonesia, dan ia juga merupakan mantan presiden Republik Indonesia ke-3. Kisah cinta Habibie dan Ainun tidaklah mulus pada awalnya. Habibie juga sempat megutarakan bahwa kisahnya dan Ainun awalnya seperti sinetron Cinta Fitri. Tetapi, seperti di dalam sinetron Cinta Fitri juga, pada akhirnya kekuatan cinta mereka dipersatukan di dalam pernikahan. Ainun adalah sosok seorang istri yang setia, yang selalu mendukung dan menemani Habibie, suaminya, hingga akhir hayatnya. Begitu juga dengan Habibie, ia merupakan sosok pecinta yang luar biasa. Yang gue tahu, penyakit ibu Ainun tidak diketahui secara pasti, mungkin seperti komplikasi. Tetapi, ketika sudah sakit parah, Ainun ternyata tidak mengingat siapa suaminya, karena alzheimer yang dideritanya selama 5 tahun.
“Dia memang tidak mengenali saya, tapi saya masih mengenali dia kan?”

“Ainun was born for me, and I was born for Ainun.”
“Ainun, saya sangat mencintaimu. Tapi Allah lebih mencintaimu, sehingga saya merelakan kamu pergi.
Itu adalah kata-kata Habibie, komentarnya mengenai istrinya yang tidak lagi mengingatnya karena penyakit alzheimer. Cerita cinta yang indah dari tokoh terhormat Indonesia. Tidak perlu dijelaskan lagi bukan, kenapa kisah cinta BJ Habibie dan Ainun ini merupakan kisah cinta yang luar biasa? :')



5. Liu Guojiang dan Xu Chaoqin

Kali ini adalah kisah cinta sejati yang berasal dari negeri Cina. Berpuluh tahun lalu, Liu Guojiang adalah seorang pemuda berumur 19 tahun yang jatuh cinta pada seorang janda berumur 29 tahun, Xu Chaoqin. Saat itu di Cina, tidaklah lazim dan bermoral bagi seorang pemuda mencintai seorang wanita yang berusia lebih tua, apalagi Xu sudah memiliki beberapa anak. Akhrinya, karena gunjingan dan cemooh orang-orang sekitar, Xu dan Liu melarikan diri ke sebuah goa di Desa Jiangjin, di sebelah selatan Chong Qing. Awalnya kehidupan mereka sangat menyedihkan karena mereka tidak memiliki listrik dan makanan mereka hanyalah tumbuh-tumbuhan dan akar-akaran, atau buah-buahan hutan. Tetapi bagi mereka, kebahagiaan untuk bisa hidup berdua bersama adalah kebahagiaan yang lebih dari sekedar harta. Liu pun memahat 6000 anak tangga untuk istrinya, dengan tangannya sendiri, untuk memudahkan istrinya naik turun gunung dengan mudah. Sampai pada suatu hari, Liu yang saat itu berumur 72 tahun pingsan ketika bekerja di ladang. Bersama dengan Xu istrinya, mereka pun berdoa, sampai Liu meninggal dunia di dalam pelukan Xu. Genggaman Liu saat sukar dilepaskan dari Xu karena cintanya yang begitu dalam kepada istrinya. Selama 50 tahun mereka hidup saling mengasihi dengan ketujuh anak mereka. Kisah cinta ini merupakan kisah cinta nyata, yang sangat menyadarkan kita bahwa kemiskinan bukanlah penderitaan jika kita memiliki cinta dengan orang terkasih kita. They are too sweet to be true :)



5 cerita di atas merupakan kisah cinta yang gue tahu secara pasti. Gue banyak banget baca buku dan kisah-kisah yang menceritakan kisah cinta sejati, dan 90% cerita-cerita tersebut adalah kisah nyata. Sebenernya gue pengen banget membagi kisah-kisah lainnya ke dalam note ini, tapi sayangnya nama tokoh, tempat, dan waktu gak banyak dibagikan, oleh karena itu, gue pikir kurang mulus untuk ditulis ke dalam note ini. Tapi meskipun cuman 5 cerita, banyak pelajaran mengenai cinta yang bisa dipetik. Cinta memang ngga ada habisnya untuk diperbincangkan karena cinta adalah anugerah TUHAN Yang Maha Esa bagi dunia ini :))


While I give to you and you give to me
True love, true love
So on and on it will always be
True love, true love

For you and I have a guardian angel
On high, with nothing to do
But to give to you as you give to me
Love forever, true
Love forever, true

(True Love - Elton John)


by: Esra Masniari Tambunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar